Site icon Kolom Desa

Tari Tradisional Meriahkan HUT ke-78 RI di Manokwari

MANOKWARI – Warga Distrik Manokwari Utara, Kabupaten Manokwari, Papua Barat menggelar lomba untuk memeriahkan HUT RI Ke-78. Adapun lomba yang di selenggarakan yaitu tarian tradisional Yospan dan Tumbuk Tanah.

 

“Potensi Manokwari tidak hanya alam saja. Tapi juga potensi adat istiadat yang tidak kalah pentingnya untuk kita lestarikan dan perlu kita pertahankan,” ujar Bupati Manokwari Hermus Indou, Sabtu ( 12/8/2023).

 

Bupati bersama Ketua PKK Manokwari secara resmi membuka kegiatan yang melibatkan seluruh warga dari 23 kampung di Distrik Manokwari Utara tersebut. Dalam acara itu ia menyatakan rasa bangga pada antusias warga, meski dengan segala keterbatasan yang ada.

 

“Kita sebagai warga negara Indonesia, mari kita cintai Indonesia,” katanya.

 

Ia berpesan, agar warga Manokwari Utara fokus pada hal-hal positif seperti melestarikan alam dan budaya. Warga adat di Manokwari Utara pasti juga akan berkembang jika mau meninggalkan kebiasaan buruk.

 

“Dorong terus anak untuk menimba ilmu di sekolah. Kita ingin buktikan bahwa Manokwari Utara mampu menjaga citra yang baik,” jelasnya.

 

Sementara itu, Ketua tim penggerak PPK Manokwari Febelina Indou menjelaskan, selama ini tarian tradisional dari Papua yang terkenal hanya yospan. Padahal ada juga tari tumbuk tanah yang merupakan budaya tradisional asli Manokwari.

 

“Karena itu, kita ingin angkat kepopuleran Tumbuktanah agar tamu-tamu yang datang di Kota Manokwari bisa menikmati keindahan tari ini. Tim terbaik dari lomba ini bila nanti ada event di tingkat kabupaten akan kami undang untuk mengisi acara,” tandasnya.

 

Penulis: Ilham W
Editor: Danu

Exit mobile version