Site icon Kolom Desa

Dukung Keluarga Berkualitas, BKKBN kukuhkan 168 Kampung

TERNATEBadan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) mengukuhkan sebanyak 168 Kampung Keluarga Berkualitas dan 191 Rumah Data Kependudukan Tingkat Kabupaten Halmahera Utara, Maluku Utara. Pengukuhan itu guna mendukung pengembangan keluarga berencana yang ada di wilayah setempat.

 

“Tujuan dikukuhkannya Kampung Keluarga Berkualitas dan Rumah Data Kependudukan adalah untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat, di tingkat kampung atau yang setara,” kata Asisten Bidang Pemerintahan Setda Halmahera Utara, F.N Nelson Sahetapy, Sabtu (12/8/2023).

 

Sementara itu, Deputi Bidang Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga (KSPK) BKKBN RI Nopian Andusty mengatakan, Pemeriksaan kesehatan fokus pada wanita. Diantara pemeriksaannya adalah bagian lengan, kemudian tinggi badan dan berat badan, serta HB untuk melihat apakah anemia atau tidak.

 

“Jika pun ada anemia akan diberikan rekomendasi untuk minum tablet penambah darah selama 90 hari,” ujarnya.

 

Hasil dari pemeriksaan tersebut, lanjutnya, akan dimasukkan ke aplikasi Elsimil (Elektronik Siap Nikah dan Hamil). Ia juga mengimbau laki-laki yang akan menikah agar menjaga kesehatan tetap prima.

 

Lebih lanjut Nopian berharap para remaja jika ingin menikah harus pada usia matang yaitu usia 21 untuk perempuan dan 25 tahun untuk laki-laki.

 

 

Penulis: Ilham w
Editor: Danu

Exit mobile version