Kades se-Sinjai Studi Tiru ke Bogor, Contoh Desa Gunungputri

SINJAIKepala Desa se-Kabupaten Sinjai, Provinsi Sulawesi Selatan mengunjungi Desa Gunungputri, Kecamatan Gunungputri, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Kunjungan ini dilakukan dalam Rangka Kunjungan Kerja dan Studi Tiru, Rabu, (26/7/2023).

 

“Kami salah satu kecamatan di Kabupaten Sinjai, Provinsi Sulawesi Selatan sangat apresiasi inovasi-inovasi yang dilahirkan oleh Kepala Desa Gunungputri ini,” ucap Asruloh, salah satu Camat Bolukoda, Kabupaten Sinjai, Provinsi Sulawesi Selatan.

 

Dalam kunjungan tersebut, Asruloh mengatakan bahwa akan ada tantangan, inovasi, dan motivasi banginya dan 7 desa di kecamatannya untuk ke depan nanti.

 

Ia berharap, kunjungannya dapat meningkatkan kualitas kinerja para Kades dalam mengelola pembangunan di desanya masing-masing.

 

“Ini merupakan suatu tantangan sekaligus motivasi kepada kami untuk tujuh desa yang ada di Kecamatan Bolukoda, untuk mengambil salah satu di antara sekian inovasi di Desa Gunungputri ini,” ungkap Asruloh.

 

Kemudian, Asruloh menambahkan bahwa ada poin positif yang dapat diambil dalam kunjungan tersebut, terkait penanganan sampah dan desa digital.

 

“Memang anggarannya besar, tetapi kalau kita lihat transaksi terkait terkepenuhan data itu (jaringan internet) sebenarnya bisa kita ambil alih pihak desa-desa, karena itu sangat bermanfaat bagi masyarakat, karena untuk harga di setiap pemakaian jaringan internet (data internet) untuk masyarakatnya nanti dan keuangan untuk jaringan internet pun bisa di press (dikurangi) sedikit berdasarkan kondisi ekonomi yang di desanya nanti,” imbuhnya.

 

Selain itu, Damanhuri, Kepala Desa Gunungputri turut mengapresiasi kunjungan tersebut.

 

“Kunjungan hari ini dari Kabupaten Sinjai, Provinsi Sulawesi Selatan sebanyak 80 orang lebih Kepala Desa terdiri dari Kepala Dinas, Inspektorat, camat-camat dan seluruh kepala desa yang di Kabupaten Sinjai, atas apresiasi serta terimakasih atas kepercayaan kepada Desa Gunungputri ini,” ungkap Damanhuri, Kepala Desa Gunungputri.

 

Damanhuri mengaku bahwa masih banyak kekurangan-kekurangan yang ada di desanya. Oleh karena itu, pihaknya akan terus berbenah diri untuk menjadi desa ideal untuk kunjungan selanjutnya.

 

“Dan ini juga merupakan suatu momentum Desa Gunungputri lebih bangkit lagi menjadi desa yang terbaik kedepannya,” ujar Damanhuri.

 

Damanhuri juga menyebut bahwa jika ada sebuah kunjungan dari Kepala Desa yang lain baik dari luar Kabupaten Bogor untuk memprogramkan inovasi-inovasi yang ada didesanya merupakan kebaikan yang perlu didukung.

 

“Kalau inovasi-inovasi disini di copy paste oleh desa-desa yang lain alhamdulillah itu adalah kebaikan, jika suatu kebaikan yang copy paste lalu dijalankan kebaikan itu, pahalanya sama yang mengcopy itu,” papar Damanhuri.

 

Penulis: Ulfa
Editor: Danu

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *