Site icon Kolom Desa

Layani Warga Lewat Program TMMD

Pemeriksaan kesehatan oleh tim medis. Sumber foto: Istimewa

Pemeriksaan kesehatan oleh tim medis. Sumber foto: Istimewa

SARMI – Upaya mendekatkan diri kepada masyarakat terus dilakukan jajaran TNI di Kabupaten Sarmi khususnya melalui program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD). Termasuk memberikan pelayanan kepada masyarakat yang tinggal di daerah yang sulit akses transportasi.

 

“Seperti halnya dalam program TMMD Ke-117 Tahun 2023 ini, Kodim 1712/Sarmi mengadakan kegiatan yang mengambil focus pelayanan Kesehatan di bagi warga di Pulau Wakde, Distrik Pantai Timur bagian Barat Daya,” kata Komandan Satgas TMMD Letkol Inf Emanuel Setyo Kristiawan, Selasa (18/7/2023).

 

Menurutnya, lokasi tersebut dipilih sebagai sasaran TMMD dengan kegiatan puskesmas keliling (Pusling). Mengingat warga di pulau tersebut selama ini cukup sulit mendapatkan akses pelayanan kesehatan dengan berbagai permasalahan yang melatarbelakanginya.

 

Emanuel mengatakan, warga di pulau tersebut jika mau ke puskesmas harus menyeberang laut dengan menunggu cuaca laut baik dan aman dilintasi. Oleh karena itu, melalui TMMD dengan fokus pelayanan kesehatan keliling tersebut diharapkan dapat dinikmati masyarakat di pulau itu untuk memeriksakan kesehatan secara gratis.

 

“Memang situasi dan kondisi wilayah itulah membuat warga di Pulau Wakde terkadang tidak jadi ke puskesmas,” terangnya.

 

Ia menambhakan, untuk mendukung dan menyukseskan TMMD tersebut, pihaknya secara khusus mendatangkan tim medis sebanyak 9 orang dari Puskesmas Burtin, Distrik Pantai Timur bagian Barat. Para tim medis akan memberikan pelayanan kepada masyarakat di antaranya Pemeriksaan Malaria, Pos yandu Lansia, Pos Yandu Anak-anak, Sosialisasi Malaria, Pemeriksaan Ibu hamil dan Pemeriksaan Penyakit kulit.

 

“Alhasil kegiatan tersebut mendapat respons masyarakat yang sangat luar biasa. Terbukti selama kegiatan ada 98 orang yang ingin mendapatkan pelayanan kesehatan,” tandasnya.

 

Adapun pemerikasan yang dilakukan di antarannya pemeriksaan Ispa sebanyak 40 orang, sakit-sakit badan sebanyak 27 orang, pemeriksaan asam urat sebanyak 10 orang, dan sakit diare sebanyak 4 orang. Selain itu, juga ada pemeriksaan cacing sebanyak 4 orang, pemeriksaan paru sebanyak 3 orang, sakit perut sebanyak 4 orang, ibu hamil sebanyak 3 orang dan penyakit kusta sebanyak 3 orang.

 

Sementara itu, tim medis Dr Welhemina M Rumasara mengatakan kegiatan tersebut berlangsung sebulan. Namun karena adanya TMMD maka pihaknya akan membantu dalam posko kesehatan TMMD.

 

“Semoga kehadiran kami dan para petugas benar-benar bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Kami juga menyediakan obat-obatan,” tuturnya.

 

Masyarakat Pulau Wakde juga sangat senang dan berterima kasih kepada Dansatgas TMMD dan juga Team Medis Burtin yang telah memberikan pelayanan kesehatan. Melalui kegiatan tersebut, masyarakat juga bisa mengetahui kondisi Kesehatan tubuhnya masing-masing dan bisa melakukan upaya pencegahan.

 

“Makanya warga berharap dan sekaligus menunggu kedatangan kami bersama petugas lagi,” tandasnya.

 

Penulis: Habib

Editor: Rizal Kurniawan

Exit mobile version