Site icon Kolom Desa

Warga Protes Material Proyek Ganggu Pengguna Jalan

Material yang berjatuhan di Jalan utama di Desa Soamole, Kecamatan Sulabesi Tengah, Kabupaten Sula. Sumber foto: Istimewa

Material yang berjatuhan di Jalan utama di Desa Soamole, Kecamatan Sulabesi Tengah, Kabupaten Sula. Sumber foto: Istimewa

KEPSUL – Jalan utama di Desa Soamole, Kecamatan Sulabesi Tengah, Kabupaten Kepulauan Sula, Maluku Utara dipenuhi kerikil material proyek yang berhamburan di sekitar jembatan. Kondisi itu membuat warga geram karena dapat menggangu pengguna jalan yang melintas.

 

“Batu kerikil tajam tumpah di jalan tepatnya di atas jembatan yang merupakan jalan pintu masuk balai,” kata Safi, warga Desa Waiboga, Kamis (13/7/2023).

 

Safi mengatakan material itu berjatuhan disebabkan laju kendaraan terlalu kencang. Warga pun meminta pihak terkait agar menegur truk pengangkut material itu.

 

“Mereka mengambil dari balai, truk itu sekitar 5 sampe 6. Kalau mereka kerja mereka kendarai truk juga terlalu laju,” ujarnya.

 

Menurut Safi, ada yang tidak menutup bak pintu truk dengan rapat sehingga ketika truk melaju material tumpah ke jalan. Pihaknya meminta ada agar pihak yang berwenang memberikan teguran kepada pihak proyek tersebut.

 

Secara terpisah, Kasat Lantas Polres Kepulauam Sula IPTU Walid Buamona mengaku sudah pernah mensosialisasikan pick up dan truk yang memuat material baik pasir maupun tanah agar baknya ditutup terpal. Pihaknya akan segera menindaklanjuti hal tersebut agar tidak terjadi hal-hal tidak diinginkan khususnya bagi para pengendara motor.

 

“Nanti kita sampaikan ke pengurusnya,” singkatnya.

 

Penulis: Habib

Editor: Rizal Kurniawan

Exit mobile version