Site icon Kolom Desa

Punya Aset Rp 1,7 Miliar, Sidobandung Masuk Nominasi Desa Terbaik

Penilaian Lapang, Sumber Foto: Facebook Pemerintah Kabupaten Bojonegoro

Penilaian Lapang, Sumber Foto: Facebook Pemerintah Kabupaten Bojonegoro

BOJONEGORO – Salah satu desa yang ada di Kabupaten Bojonegoro menoreh prestasi yang membanggakan. bepenghasilan 1, 7 Miliar hingga 2023, Desa Sidobandung Kecamatan Balen  masuk nominasi enam BUM Desa terbaik se-Jawa Timur.

 

“Lima unit usaha tersebut diantaranya adalah simpan pinjam, minimarket, wisata Babo, hipam dan pengelolaan pasar,” kata Direktur BUM Desa Bandung Bondowoso, Lina Budiarto, saat penilaian lapang lomba BUM Desa, Selasa (13/6/2023).

 

Sukijan Kepala Desa Sidobandung menyampaikan, bahwa perolehan ini merupakan awal untuk memacu semangat pengurus BUM Desa Bandung Bondowoso. Selain dapat meningkatkan pendapatan desa, perolehan itu diharapkan mampu mensejahterakan masyarakat  desa.Hasil yang diperoleh desa tersebut berasal dari 5 unit usaha milik BUM Desa.

 

“Dengan didukung komunikasi yang baik maka BUM Desa Bandung Bondowoso betul-betul memberikan kontribusi bagi masyarakat setempat,” ujarnya.

 

Sementara itu, Camat Balen Agus Raharjo menjelaskan, bahwa Kecamatan Balen telah mendapatkan bantuan keuangan untuk BUM Desa sejumlah Rp100 juta. uang bantuan tersebut bersumber dari anggaran tahun 2019 sampai 2023.

 

Agus menambahkan, bahwa bantuan itu telah disalurkan total untuk 11 desa. sedangkan, untuk tahun 2023 ini masih ada 2 desa yang mendapat bantuan, keduanya adalah Desa Penganten dan Desa Ngadiluhur.

 

“Harapannya ini dapat meningkatkan BUM Desa dan menampung perekonomian di Desa masing-masing,” pungkasnya.

 

Penulis: Ilham W
Editor: Danu

Exit mobile version