Site icon Kolom Desa

Kades Diimbau Agar Serius Tangani Sampah

Ilustrasi membuang sampah pada tempatnya, Sumber foto: Freepik. Com

Ilustrasi membuang sampah pada tempatnya, Sumber foto: Freepik. Com

Bangka Barat – Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengajak pemerintah desa mulai serius dalam melakukan penanganan sampah. Tujuannya agar tidak menimbulkan permasalahan di kemudian hari.

 

“Produksi sampah setiap hari semakin meningkat seiring dengan pertumbuhan jumlah penduduk, kami mendorong di setiap desa mulai melakukan penanganan sejak dini dan membudayakan pola hidup baru peduli sampah,” kata Wakil Bupati Bangka Barat Bong Ming Ming, Rabu (13/06/2023).

 

Bong Ming Ming mengatakan, gerakan peduli sampah bisa dimulai dari lingkungan paling kecil, yaitu seperti keluarga, kelas, sekolah, dan lingkungan sekitar tempat tinggal.

 

Dirinya juga menambahkan, gerakan ini bisa dimulai dengan tertib membuang sampah pada tempatnya yang sudah disediakan dan dilanjutkan dengan pola pengelolaan di tingkat rumah tangga dan penanganan sampah di tempat pembuangan sementara.

 

Selain itu, kebiasaan masyarakat untuk penggunaan plastik juga perlu diperhatikan supaya bisa meminimalisir banyaknya sampah plastik.

 

“Pola pengelolaan sampah dengan pemakaian ulang, memisahkan sampah organik dan nonorganik yang dimulai dari setiap rumah tangga, serta daur ulang juga perlu dilakukan untuk menjaga kelestarian lingkungan,” katanya.

 

Bong Ming Ming juga meminta, agar masyarakat lebih disiplin menjaga kebersihan lingkungan, tidak membuang sampah sembarangan dan berani memulai mengolah sampah menjadi barang bernilai.

 

“Untuk permasalahan sampah ini kita usahakan dari kecamatan sampai ke desa-desa disiapkan solusi, salah satunya untuk menyiapkan tempat pembuangan sampah di setiap kecamatan atau desa,” ujarnya.

 

Dengan adanya pengelolaan yang baik terkait dengan sampah ini, selain untuk menjaga kelestarian lingkungan juga diharapkan mampu meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat sekaligus mendukung upaya mewujudkan Bangka Barat maju, sejahtera dan bermartabat.

 

Penulis: Hafidus Syamsi

Editor: Rizal

Exit mobile version