Site icon Kolom Desa

Seleksi Perades Diduga Ada Manipulasi

Ilustrasi perangkat desa Sumber Foto: Istimewa

Ilustrasi perangkat desa Sumber Foto: Istimewa

MANGGARAI BARAT – Proses seleksi Perangkat Desa (Perades) Lumut, Kecamatan Ndoso, Kabupaten Manggarai Barat diduga dimanipulasi oleh panitia seleksi. Hal tersebut diungkap oleh salah seorang warga desa, Wilfridus Rudini yang mengatakan pembentukan panitia tersebut tidak melibatkan unsur Badan Permusyawaratan Desa (BPD).

 

“Pertama, pembentukan panitia dilakukan secara sepihak oleh Kepala Desa tanpa melibatkan unsur BPD (Badan Permusyawaratan Desa),” beber Rudini, Minggu, (4/6/2023).

 

Hal tersebut diketahui tidak sesuai dengan Peraturan Bupati Manggarai Barat No. 17 Tahun 2023 Tentang Tata Cara Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa. Ia menyebut bahwa kepala desa Kepala Desa secara langsung menunjuk 5 orang dalam kepanitiaan.

 

“Namun, Kepala Desa Lumut justru mengabaikan unsur BPD yang berjumlah 9 orang. Kepala Desa secara langsung menunjuk 5 orang dalam kepanitiaan, yang ternyata semuanya merupakan orang dekat Kepala Desa,” ungkap Rudini.

 

Merasa dirugikan oleh kecurangan yang dilakukan panitia seleksi, Rudini bersama warga lainnya mengadukan permasalahan tersebut kepada Ketua BPD. Mereka meminta BPD untuk mengeluarkan surat kepada Pemdes agar melakukan peninjauan ulang terkait kejanggalan dan kecurangan tersebut.

 

Menanggapi permasalahan tersebut, Camat Ndoso bersama Sekcam turun langsung ke kantor Desa Lumut untuk menyelesaikan laporan tersebut. Ia menejelaskan bahwa alasana kepala desa dalam melalukan proses seleksi dinilai tidak sesuai dengan aturan yang ada.

 

“Alasan Kepala Desa Lumut menutup 4 formasi, berdasarkan periodesasi. Namun, menurut Camat Ndoso, alasan  Kepala Desa Lumut tersebut tidak sesuai dengan Peraturan Bupati Manggarai Barat,” Kata Camat Ndoso.

 

Rudini menegaskan kecurangan tersebut mencoreng proses seleksi perangkat Desa Lumut yang seharusnya berjalan secara jujur dan transparan. Ia meminta pihak berwenang segera mengambil tindakan tegas untuk menyelidiki dugaan adanya manipulasi dalam proses seleksi tersebut.

 

“Hal ini penting untuk menjaga kepercayaan masyarakat terhadap proses seleksi perangkat desa dan memberikan keadilan bagi seluruh pelamar yang telah memenuhi syarat dengan jujur,” tutupnya.

 

Penulis: Erdhi

Editor: Rizal

Exit mobile version