Site icon Kolom Desa

Menparekraf Berharap Desa Sidowarno Jadi World Class Tourism

Omah Wayang Sidowarno, Sumber Foto: @sidowarno.wonosari.klatenkab.co.id

Omah Wayang Sidowarno, Sumber Foto: @sidowarno.wonosari.klatenkab.co.id

KLATEN – Sandiaga Salahuddin Uno Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) berharap Desa Sidowarno, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Klaten dapat menjadi World Class Tourism. Hal tersebut karena desa Sidiworo desa bernuansa seni budaya, yakni kerajinan wayang,  sehingga desa ini menjadi salah satu wisata terbaik di Indonesia pada Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023.

 

UNESCO sudah menetapkan bahwa wayang merupakan warisan budaya tak benda Indonesia. Dengan itu diharapkan Desa Wisata Sidowarno dapat menjadi wisata unggulan di Kabupaetn Klaten dan akan lebih dikenal dunia.

 

“Wayang sudah diakui UNESCO, sudah dikenal dunia. Saya harap Sidowarno ini akan menjadi desa wisata unggulan di Kabupaten Klaten,” kata Sandiaga Uno saat berkunjung ke desa setempat, Minggu (4/6/2023).

 

Maksut Kunjungan Sandiaga dalam rangka penilaian langsung ke desa-desa wisata yang tercatat dalam nominasi Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023. Dan Desa  Sidowarno masuk dalam posisi 75 besar.

 

Sri Mulyani, Bupati Klaten, mengemukakan, sejauh ini kabupatennya telah memiliki 34 desa Wisata, dan 391 Bumdes. Untuk itu, Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif agar mendukung terkait pemgembangan pariwisata di Klaten.

 

Menurut Bupati, terlepas dari Desa Sidowarna juga terdapat 391 Bumdes lain dengan sebanyak 21 Bumdes mengelola wisata tirta dan 7 Bumdes mengelola wisata alam.

 

“Kabupaten Klaten terus mengembangkan pariwisata. Desa Sidowarno, 75 persen warganya menggeluti kerajinan wayang. Semoga dengan hadirnya Mas Menteri ini, nanti jumlah kunjungan ke Desa Sidowarno makin meningkat, pesanan wayang juga meningkat sehingga warga menjadi lebih sejahtera,” kata Bupati.

 

Pendamping Desa Wisata Sidowarno, Wahyu Triyono menambahkan, Desa Sidowarno masuk dalam juara harapan 1 di ajang desa wisata Jawa Tengah. Desa di ujung timur Klaten yang berbatasan dengan Kabupaten Sukoharjo tersebut memiliki ciri khas wisata edukasi seni budaya.

 

Penulis: Ilham W

Editor: Muhklis

Exit mobile version