Site icon Kolom Desa

Program Membuka Akses Jalan Desa Kedungsono yang Terisolir

Ilustrasi Jalan terjal Sumber Foto: Freepik

Ilustrasi Jalan terjal Sumber Foto: Freepik

SUKOHARJO – Desa Kedungsono Kecamatan Bulu Kabupaten Sukoharjo akan memiliki akses jalan yang layak untuk mobilitas masyarakat dengan adanya Program membuka akses jalan Rabat Beton. Program tersebut di pelopori oleh TNI Manunggal Membangung Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap I Kodim 0726/Sukoharjo, dalam program kerja nyata ini, TNI membuka akses jalan menuju Dusun Kerjo yang terisolir sejak Indonesia merdeka.

 

“Sejak Indonesia merdeka, warga kami di Dusun Kerjo, ada 14 KK, sekitar 60 jiwa. Warga Dusun Kerjo kalau mau ke Balai Desa harus memutar jauh. Jalan terdekat, hanya jalan setapak,” kata Supriyadi Kepala Desa Kedungsono

 

Pasalnya, Akses jalan Desa dengan mengendarai motor dari balai desa membutuhkan 30 sampai 45 menit untuk berkunjung ke Dusun Kerjo, Desa Kedungsono, Kecamatan Bulu, itupun harus jalan memutar melalui wilayah Kecamatan Manyaran, Kabupaten Wonogiri, kemudian wilayah Kecamatan Tawangsari dan Bulu.

 

Menurut Supriyadi, pihaknya berterima kasih ada program TMMD yang membuka akses jalan dari Dukuh Ngesong ke Dukuh Kerjo. Setidaknya, jarak antara Dukuh Ngesong ke Dukuh Kerjo sekitar 2 kilometer. Program membuka akses jalan ini direncanakan dengan pembuatan Rabat Beton Jalan Sepanjang 432 meter x Lebar 3 meter x Tinggi 0,12 meter.

 

“Pada TMMD kali ini baru sekitar 400 meter yang dibuka. Selanjutnya nanti kami berharap, ada program lagi pembukaan jalan,” katanya.

 

Kasdim 0726/Sukoharjo Mayor Inf Mocklisin menyampaikan bahwa dalam program ini beberapa elemen masyarakat akan di libatkan. Harapanya dengan adanya program tersebut dapat memudahkan masyarakat Desa dalam beraktifitas sehari – hari.

 

“Tentu saja sejumlah elemen masyarakat dan aparat bakal dilibatkan dalam kegiatan TMMD Sengkuyung Tahap I Tahun 2023 Kodim 0726/Sukoharjo diantaranya adalah dari unsur TNI, Polres Sukoharjo, Dinas PU kabupaten Sukoharjo, Dinas Kesehatan dan sejumlah Ormas serta Masyarakat Desa Kedungsono,” Pungkasnya.

 

Penulis: Ilham W

Editor: Mukhlis

Exit mobile version