Site icon Kolom Desa

Pendakian Baru ke Gunung Rinjani Lebih Dekat via Desa Pakuan

Gunung Rinjani Sumber foto : pixabay

Gunung Rinjani Sumber foto : pixabay

LOMBOK BARAT – Desa Pakuan Kecamatan Narmada Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB) jadi opsi jalur pendakian baru menuju Gunung Rinjani. Jalur tersebut dinilai dapat menempuh jalan lebih dekat dari pada jalur via Sembalun, Senaru atau Aik Berik.

 

“Perlu saya informasikan, saat sekarang ini secara bersamaan usaha sedang kita lakukan dengan melobi Kemenparekraf, dan ke otoritas Gunung Rinjani, ke KLHK. Dan tentunya setelah ini baru secara resmi membuka jalur pendakian Rinjani via Pakuan,” kata Bupati Lombok Barat Fauzan Khalid, Senin (29/05/2023).

 

Sebelumnya upaya untuk pembukaan jalur pendakian lewat Desa Pakuan sudah direncanakan sejak tahun 2019 lalu. Namun, rencana tersebut gagal dilaksanakan lantaran adanya pandemi.

 

“Namun, berkat berbagai usaha semua pihak, usaha untuk membuka jalur pendakian Gunung Rinjani lewat Pakuan bisa segera terealisasi,” katanya

 

Ia juga mengatakan bahwa Desa Pakuan memiliki sejarahpanjang, konon desa ini juga dijuluki jalur Anak Agung, Raja Hindu yang menguasai Lombok tempo dulu dan punya keindahan alam tak kalah kerennya seperti via jalur lama.

 

“Dari sisi historis jalur kita ini juga dikenal sebagai jalur Anak Agung dulu. Kalau mau ke Rinjani ada jalur semacam jalur keramatlah untuk Umat Hindu. Kemudian belum lagi menyangkut keindahan alamnya,” ceritanya

 

Terakhir, Jikalau jalur pendakian baru Gunung Rinjani via Desa resmi dibuka, Fauzan meminta masyarakat memanfaatkan untuk segala potensi yang ada untuk meningkatkan perekomian.

 

Penulis : Alfan

Editor : Danu

Exit mobile version