Site icon Kolom Desa

Demi Keamanan, WAKO Pariaman Intruksikan Desa Terpasang CCTV

WAKO Periaman. Sumber foto akun Instagram@Genius Umar

WAKO Periaman. Sumber foto akun Instagram@Genius Umar

Sumatera Barat- Wali Kota (WAKO) Pariaman Genius Umar, meminta seluruh desa dan kelurahan yang ada di Kota Pariaman untuk memasang CCTV yang terhubung ke Dinas Komunikasi dan Informatika (KOMINFO) serta Kepolisian setempat. Tujuannya agar dapat meningkatkan keamanan setempat.

 

“Saya ingin setiap desa dan kelurahan yang di Pariaman memasang perangkat keamanan atau CCTV yang disambungkan ke Diskominfo dan Polresta Pariaman agar kita dapat memantau gerak gerik setiap orang dan kendaraan yang mencurigakan,” jelasnya ketika Rapat Koordinasi Pemparan Indeks Desa Membangun (IDM) dan Program Smart City, di Pariaman, Senin (29/05/2023).

 

Dirinya juga mengapresiasi kinerja Polresta Pariaman yang menurunkan langsung personel personelnya demi keamanan dan ketirtiban yang ada di Kota Pariaman. Diharapkan dengan adanya pemasangan CCTV di seluruh Desa di Kota Periaman dapat meningkatkan lagi kemanan, nyaman, serta kenyamanan masrakat Kota Pariaman.

 

“Saya lihat selama lebih kurang dua tahun ini Polresta Pariaman bertindak sangat bagus sekali, dengan menurunkan personel langsung kelapangan di jam-jam sibuk sekolah untuk membantu ketertiban arus lalu lintas sehingga kecelakaan bisa dihindari,” katanya.

 

Sementara itu, Kapolres Kota Pariaman Abdul Aziz mengatakan selama ini pihaknya sudah bekerjasama dan bersinergi dengam Pemkot Pariaman, salah satunya dengan mengadakan pemasangam CCTV untuk ketertiban dan keamanan.

 

“Banyak manfaat yang bisa kita ambil dari pemasangan CCTV ini, diantaranya bisa memantau dan menindaklanjuti terjadinya kejahatan di tingkat desa dan kelurahan, dan dari rekaman CCTV bisa dijadikan alat bukti dalam investigasi kriminal sehingga dapat mempermudah pengungkapan kasus,” ujarnya.

 

Abdul berharap, dengan adanya pemasangan CCTV, Pemkot Pariaman dapat menjadi kota pintar, khususnya dalam segi keamanan warganya. Jika seluruh desa terpasang CCTV maka Pariaman menjadi satu-satunya kota yang menyatukan seluruh desa dan kelurahan melalui CCTV dalam segi keamanan warga dan lintas lalu lintas.

 

Penulis : Hafidus Syamsi

Editor: Rizal

 

 

Exit mobile version