Pemdes Bakal Sukseskan Desa Bersih Narkotika

Ilustrasi (gambar). Sumber foto: Diskominfo Kota Bogor

HULU SUNGAI SELATAN – Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Hulu Sungai Selatan mengajak pemerintah desa (Pemdes) untuk berkomitmen menciptakan desa bersih narkoba (Bersinar) dalam upaya pencegahan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika (P4GN).

 

Komitmen bersama tersebut ditandai penandatanganan penggunaan dana desa oleh Kepala Desa untuk mendukung program tersebut, Kamis (25/5/2023).

 

“Kegiatannya bisa untuk sosialisasi, pelatihan, workshop, keagamaan, pembinaan dan kegiatan lainnya yang disepakati,” kata Kepala BNNK Hulu Sungai Selatan, Agus Winarti.

 

Menurutnya, kegiatan itu juga untuk kesinambungan program P4GN, sesuai keinginan Presiden RI bahwa membangun pertahanan masyarakat itu dimulai dari desa.

 

Diharapkan sinergi BNNK HSS dengan pemerintah desa dapat mewujudkan desa yang bersih dari Narkoba.

 

“Sebab, BNN tak bisa melakukan sendiri tanpa kerjasama dengan semua pihak, termasuk Pemkab HSS hingga pemerintah desanya,” katanya.

 

Winarti menyebut, salah satu desa Bersinar, yaitu Balimau di Kecamatan Kalumpang telah mengaggarkan melalui APBDes murni untuk mendukung P4GN. Adapun besar anggaran sesuai keuangan desa masing-masing.

 

Sementara, Sekda HSS H M Noor mengatakan, program desa Bersinar, merupakan inovasi dari BNNK HSS, dimana secara aturan, dibolehkan pemerintah desa menganggarkan dana desa untuk mendukung program tersebut.

 

“Awalnya sudah ada Desa Kalumpang yang menganggarkan dana desanya untuk desa Bersinar. Insya Allah di desa lainnya di anggaran perubahan, ” kata Sekda.

 

Disebutkan, alokasi untuk anggaran tersebut masing-masing Rp 3 jutaan per tahun.

 

Sekda berharap dengan dukungan tersebut, indeks ketanggapan HSS terhadap ancaman Narkoba makin meningkat, bahkan berharap semua desa di HSS bebas Narkoba.

 

Agus Winarti menjelaskan, ada 8 desa masuk program Bersinar. Desa tersebut, Tibung Raya, Lungau, Karisikan, Durian Rabung, Samuda, Sungai Mandala, Balimau, Jembatan Merah. Melalui kegiatan tersebut, pihaknya ingin pemeritah di desa Bersinar mengalokasikan anggaran untuk kegiatan mendukung P4GN.

 

Penandatanganan bertempat di Aula Kantor Kecamatan Kandangan tersebut disaksikan Ketua BNNK HSS, Agus Winarti, Sekda HSS H Muhammad Noor, Kepala Dinas PMD Susilo, serta para Camat dan Kapolsek yang wilayahnya masuk Desa Bersinar.

 

Selanjutnya dilakukan rapat koordinasi pengembangan dan pembinaan kabupaten/kota tanggap ancaman narkoba dalam rangka optimalisasi sumber daya desa Bersinar dalam mendukung BNNK HSS tanggap ancaman narkoba.

 

Penulis: Danu

Editor: Rizal

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *