Tim Penilai Lomba Desa Kunjungi Desa Lalohao

Tim Penilaian Lomba Desa bertandang di Desa Lalohao, Kecamatan Wonggeduku, Konawe. Kamis (18/5/2023). Sumber Foto: Istimewa
Tim Penilaian Lomba Desa bertandang di Desa Lalohao, Kecamatan Wonggeduku, Konawe. Kamis (18/5/2023). Sumber Foto: Istimewa

KONAWE – Tim penilai lomba desa yang dipimpin oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Konawe mulai kunjungi Balai Desa Lalohao, Kecamatan Wonggeduku, Kamis (18/5/2023). Kunjungan tersebut bertujuan untuk evaluasi tata kelola pemerintahan yang baik dalam mewujudkan stabilitas ekonomi dan sosial di desa.

 

”Lomba desa/kelurahan tersebut merupakan agenda nasional. Agenda yang tiap tahunnya digelar secara berjenjang mulai dari tingkat desa/kelurahan, kecamatan, kabupaten, regional dan nasional,” jelas Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Konawe Keni Yuga Permana.

 

Keni mengungkapkan, Desa Lalohao merupakan desa ke-19 yang dikunjungi oleh timnya. Ia menyebut ada beberapa indikator yang nantinya akan dinilai oleh tim penilai lomba desa.

 

“Adapun hal pokok yang dinilai beberapa poin, diantaranya, bagaimana penyelenggaraan pemerintahan, kinerja aparatur, inisiatif aparatnya, pemanfaatan E-Government, serta pelestarian adat dan budaya,” terang Keni.

 

Selain melakukan penilaian, Keni juga berpesan apabila camat telah membuat Surat Keputusan (SK) dan menunjuk desa sebagai peserta lomba maka harus dipatuhi. Namun, ia juga menekankan agar kades peserta lomba jangan berhutang kepada pihak lain hanya karena mengikuti lomba desa.

 

“Kalau bapak dan ibu dekat dan dicintai masyarakatnya, insya Allah tidak akan ditinggalkan sendiri kalau ada kegiatan seperti ini,” imbuh Keni.

 

Keni juga meminta Camat Wonggeduku untuk melakukan monitoring rutin terhadap aktivitas pemerintahan di desa. Dengan monitoring tersebut, ia berharap pelayanan pemerintahan desa bisa berjalan maksimal.

 

“Setiap hari itu, minimal ada dua yang piket. Sehingga pelayanan jalan. Jangan lagi pelayanan di rumah Kades atau Sekdes,” tutup Keni.

 

 

Penulis: Erdhi

Editor: Soleha.tn

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *