Site icon Kolom Desa

Pemdes Ketosono Bangun Kelompok Ternak Kambing

Pemdes Ketosono Bangun Kelompok Ternak Kambing

Ilustrasi (gambar). Sumber foto: Dok. Pemkab Gresik

GRESIK – Kepala Desa (Kades) Kertosono, Kecamatan Sidayu, Gresik Muhammad Zahir Sa’dan mengatakan, usaha ternak kambing ini dipilih agar TKD bisa bermanfaat untuk masyarakat. Sehingga dalam hal ini, pemdes bekerja sama dengan Baznas Gresik dengan Program Gresik Berdaya, Kampung Produktif Ternak Kambing.

 

Peternak kambing yang tergabung dalam Kelompok Berkah Farm diberi tugas mengelola Kampung Produktif Ternak Kambing.

 

“Sekarang puluhan warga desa yang tergabung dalam Kelompok Berkah Farm, mereka didorong untuk mengelola Kampung Produktif Ternak Kambing. Semoga berkah dan bermanfaat untuk masyarakat,” kata Zahir, pada Rabu (17/5/2023).

 

Dalam hal ini, Pemdes memanfaatkan tanah kas desa (TKD), agar bisa memberi sumber pendapatan baru bagi Pemerintah Desa (Pemdes) Kertosono.

 

Lebih lanjut Zahir menambahkan, menjelang Hari Raya Idul Adha ini harga ternak sangat mahal, sehingga diharapkan pemanfaatan TKD menjadi kandang kambing itu bisa menambah pemasukan masyarakat.

 

“Semoga 300 ekor kambing ini bisa terjual semuanya, dan bisa kembali beternak kambing lagi. Sehingga, pengelola Kelompok Berkah Farm bisa terus mendapat berkah dari perputaran jual beli kambing,” harapnya.

 

Sementara itu, Kepala Seksi Pembangunan PemdesKertosono, Ahmad Effendi mengatakan, Kampung Produktif Ternak Kambing ini memiliki potensi yang baik untuk membantu masyarakat mendapat tambahan ekonomi.

Saat ini, ada 300 ekor kambing yang dibudidayakan lewat kerjasama dengan Baznas Gresik.

 

Hal itu juga didukung oleh kerjasama dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), pemdes menggunakan TKD untuk beternak kambing dengan melibatkan warga desa setempat. Dalam program produktif ini, TKD itu membuka Kampung Produktif Ternak Kambing. Di mana ada ratusan ekor kambing yang diternakkan.

 

“Kami optimis,is dengan sinergitas ini maka hasil pemeliharaan 300 ekor kambing bisa dirasakan masyarakat,” kata Effendi.

 

Penulis : Danu

Editor: Rizal

Exit mobile version