Kolom Desa

Desa Kubu Gadang, Desa yang Dikelilingi Hamparan Gunung

Desa Wisata Kubu Gadang Dengan Latar Belakang Wisata Gunung Yang Indah. Sumber foto : Pengelola Desa Wisata Kubu Gadang.

PADANGPANJANG – Desa Wisata Kubu Gadang  Terletak di Kelurahan Ekor Lubuk, Kota Padang Padang Panjang. Berada dekat dengan Gunung merapi, membuat pemandangan bertambah indah ditambah hamparan persawahan yang hijau.

 

Tidak hanya itu, Gunung Singgalang, Gunung Tandikat dan Bukit Barisan dapat terlihat dengan jelas. Sehingga pengunjung terasa berada di lingkungan yang masih terawat dan asri.

 

Sejak berdiri tahun 2015 silam, sampai saat ini sudah banyak penghargaan yang telah diraih oleh Desa Wisata Kubu Gadang, salah satunya penghargaan (Gabungan Industri Pariwisata Indonesia) GIPI  Award tahun 2020.

 

“Saat ini terus dilakukan pengembangan salah satu rencana kedepan untuk pengembangan cafe Sawah,” tutur Ketua pengelola Desa Wisata Kubu Gadang, Yuliza Zain.

 

Penyambutan Wisatawan di Desa Wisata Kubu Gadang. Sumber foto : Pengelola Desa Wisata Kubu Gadang.
Penyambutan Wisatawan di Desa Wisata Kubu Gadang. Sumber foto : Pengelola Desa Wisata Kubu Gadang.

 

Daya Tarik Wisata Kubu Gadang

 

Selain panorama alam dari Deretan Gunung Merapi, Gunung Singgalang, Gunung Tandikat dan Bukit Barisan. Desa Wisata Kubu Gadang juga menyuguhkan Wisata adat seperti Silek Lanyah, Makan Bajamba, dan Makan Baradaik.

 

Silek Lanyah merupakan wisata yang dipertontonkan ke wisatawan berupa silat. Pemainya merupakan warga asli Kubu Gadang dengan tiga generasi, yaitu anak-anak, dewasa dan remaja.

 

Makan Bajamba sebagai salah satu adat khas minang merupakan kegiatan makan yang dilakukan bersama-sama warga di dalam bangunan khusus bernama pinggan.

 

Kegiatan ini dilakukan biasanya saat ada kedatangan tamu penting seperti mengajak wisatawan yang datang ke Desa Wisata Kubu Gadang.

 

Selain itu, ada juga makan Baradaik sebagai kegiatan makan yang prosesi sebelum dan setelahnya disertai tradisi petatah-petitih. Sebagai hiburan berupa sastra puisi simbol selamat menikmati bagi wisatawan yang hadir.

 

Pacu Upiah sebagai Wisata Budaya di Desa Wisata Kubu Gadang. Sumber foto : Pengelola Desa Wisata Kubu Gadang.

 

Pengelolaan Desa Wisata Kubu Gadang

 

Pemerintah Kelurahan Ekor lubuk merupakan salah satu bagian dari pengelola Desa Wisata Kubu Gadang sebagai penanggung jawab dan pembinaan agar wisata Kubu Gadang dapat berjalan dan seirama dengan kondisi kelurahan.

 

Dalam proses berjalannya wisata, pemerintah Ekor Lubuk menunjuk Kelompok Sadar Wisata dan Pokdarwis sejak 2015 sehingga wisata berjalan dengan baik, sesuai dengan apa yang ingin disuguhkan kepada wisatawan.

 

Hasil dari kegatan wisata, digunakan sebagai pengembangan wisata terutama mengenai penambahan spot destinasinya. Sehingga tidak masuk dalam kas pengelola.

 

Jam Operasional dan Tiket Masuk Desa Wisata Kubu Gadang

 

Jam operasional Desa Wisata Kubu Gadang dibuka selama 24 Jam untuk hari minggu sampai Sabtu, sedangkan hari jumat jam 7 malam sampai jam 12 malam.

 

Untuk bisa menikmati keindahan rumah adat dan wisata yang ada di Desa Wisata Kubu Gadang.

 

Pengunjung harus menggunakan tiket dengan harga Rp 5 ribu untuk anak-anak, dan Rp 10 ribu untuk dewasa.

 

Pengunjung bebas menikmati tontonan yang disuguhkan oleh pengelola. Sesuai dengan ketentuan yang telah dibuat.

Rute Menuju Desa Wisata Kubu Gadang

 

Bagi wisatawan yang hendak ke Desa Wisata Kubu Gadang. Bisa menggunakan mobil maupun sepeda motor dari Kota Padang Panjang yang hanya 4,2 KM dengan durasi perjalanan 10 menit.

 

Jika Wisatawan melakukan perjalanan dari Kota Batusangkar. Jarak perjalanan menuju Desa Wisata Kubu Gadang sekitar 26 KM. Lama  perjalanan menggunakan mobil ataupun motor sekitar 46 menit.

 

 

Selain itu, berbagai taksi dan ojek juga tersedia di wilayah tersebut. Sehingga apabila tidak menggunakan kendaraan pribadi tidak kesulitan mengenai transportasi perjalanan menuju ke lokasinya.

 

 

Kehadiran Pengunjung Desa Wisata Kubu Gadang

 

Pengunjung Desa Wisata Kubu Gadang cukup lumayan. Tahun 2020 pengunjung Desa Wisata Kubu Gadang mencapai 4919 orang.

 

Desa Wisata Kubu Gadang pada tahun 2019 mengalami wabah covid yang melanda dunia terkhusus di Indonesia. Akibatnya, jumlah wisatawan yang datang ke Desa Wisata Kubu Gadang menurun drastis, tercatat hanya 900 orang yang datang.

 

Desa Wisata Kubu Gadang tercatat mengalami kenaikan pengunjung pada tahun 2020. Pengelola mencatat 3322 orang datang untuk berwisata ke Desa Wisata Kubu Gadang.

 

Kenaikan Wisatawan yang datang Ke Desa Wisata Kubu Gadang  kembali terjadi pada tahun 2022. Wisatawan yang datang bahkan menembus angka 4558 orang.

Omset Pertahun Desa Wisata Kubu Gadang

 

Omset Desa Wisata Kubu Gadang mengalami perubahan tiap tahunnya. Pada tahun 2019 omset pengunjung sekitar Rp 25 juta.

 

Omset Desa Wisata Kubu Gadang pada tahun 2020 mengalami penurunan. Salah satu penyebabnya karena ada pembatasan wisatawan yang masuk. Pengelola mencatat omsetnya yaitu Rp 5 Juta.

 

Desa Wisata Kubu Gadang mengalami kenaikan omset pada tahun 2021. Pengelola mencatat omsetnya sebanyak Rp 16 juta.

 

Desa wisata Kubu Gadang mengalami kenaikan kembali pada tahun 2022. Pengelola mencatat dari sektor pariwisata sebesar Rp 22 juta. 

Exit mobile version