Site icon Kolom Desa

Buka Toko Ritel Modern, BUM Desa Maju Berkah Raih Omzet Miliaran

Buka Toko Ritel Modern, BUM Desa Maju Berkah Raih Omzet Miliaran

BUM Desa Maju Berkah. Sumber foto: Website resmi Pemkab Lombok Barat

LOMBOK BARAT – Inovasi BUM Desa terus dilakukan, salah satu desa yang berhasil meningkatkan pendapatannya adalah BUM Desa Midang yang ada di Kabupaten Lombok Barat. BUM Desa yang memiliki nama Maju Berkah tersebut berhasil capai omset besar dengan membuka toko atau ritel modern.

 

“Dengan kerja keras dan kolaborasi yang baik, Bumdes Maju Berkah sukses meraih omset 200 juta setiap bulannya atau 2,4 miliar setahun,”jelas Kepala Desa Midang Kecamatan Gunung Sari, Samsudin.

 

Samsudin mengatakan bahwa hal tersebut merupakan pencapaian yang luar biasa dalam mengembangkan ekonomi masyarakat desa. Ia mengatakan kemajuan BUM Desa ini menjadikan pengurus semakin bersemangat untuk mengembangkan BUM Desa dan membuka cabang BUM Desa.

 

“BUM Desa Midang berdiri sejak tahun 2017 dengan nama Selun Jari. Kemudian April 2021 Desa Midang membentuk Bumdes Maju Berkah melalui amandemen peraturan Desa Midang. Ia mengatakan Bumdes ini diresmikan secara langsung oleh Bupati Lombok Barat tepatnya 16 April 2021,” ujar Samsudin.

 

Menurut Samsudin, hal tersebut merupakan kerja keras dari Pengurus BUM Desa, Pengawas BUM Desa serta komisaris BUM Desa, desa serta DPD Midang. Menurutnya dengan kolaborasi dan kekompakan semua unsur di desa midang, BUM Desa dapat berkembang pesat hingga memiliki omzet miliaran.

 

“Dengan semangat kolaborasi yang kuat kami dapat merumuskan arah dan tujuan BUM Desa dengan baik yaitu untuk membangun desa dan ekonomi ekonomi masyarakat desa” terangnya.

 

Samsudin juga mengatakan bahwa pendalaman dan pemahaman terhadap berbagai regulasi dan strategi pemasaran yang jitu menjadi bagian penting dalam pengembangan BUM Desa Maju Berkah. Selain itu transparansi dan kolaborasi dengan pelaku UMKM, distributor lokal dan nasional serta pihak swasta dan Pemda juga menjadi kunci sukses BUM Desa Maju berkah.

 

Penulis: Danu

Editor: Rizal

Exit mobile version