Site icon Kolom Desa

Menjelajah Kampung Muslim di Papua

Desa Muslim di Papua Sumber: Istimewa

Desa Muslim di Papua Sumber: Istimewa

JAKARTA – Papua memiliki kampung yang unik untuk ditelusuri, selain kaya akan keindahan alam yang menakjubkan ternyata perkampungan yang terletak di Desa Kenara, Distrik Kumundan, Papua Barat mayoritas penduduk desanya adalah muslim. Semua perempuan yang berada di desa tersebut memakai Hijab.

 

Ada Lima kampung yang ada di distrik ini mayoritas masyarakatnya adalah muslim. Di mana hal ini telah terjadi sejak masa Kesultanan Tidore. Mereka juga mengenakan pakaian yang sudah sesuai dengan anjuran syariat.

 

“Ada seorang Dai dari kesultanan Tidore, artinya sudah dari keturunan berapa kalinya sudah muslim” ujar Wardi Nabi melalui akun Youtubenya Hidayatullah PB.

 

Wardi Nabi juga menerangkan bahwa kebiasaan ini dibawa oleh seorang dai yang datang dan tinggal bertahun-tahun di desanya. Bahkan konon ia tidak meminta masyarakat untuk mengenakan hijab. Namun, semua dilakukan atas dasar keinginan masyarakat itu sendiri.

 

Wardi Nabi berharap agar akan ada dai-dai yang datang di distrik ini untuk membantu mengajarkan masyarakat, terutama anak-anak untuk belajar dan mengenal Islam lebih dalam lagi.

 

“Kami di sini khususnya masyarakat Kamundan, inginnya ada dai muda yang siap berdakwah di kampung ini. InsyaAllah, di kampung ini siap menerima dai,” pungkasnya.

 

Penulis: Alfan

Editor: Soleha.tn

Exit mobile version