Site icon Kolom Desa

Wabup Bangka Barat Minta Inspektorat Kawal Admnistrasi Keuangan di Tingkat Desa

Wabup Bangka Barat, Bong Ming Ming meminta inspektorat dan APDESI periksa administrasi pemerintah desa sumber foto: bangkabaratkab.go.id

Wabup Bangka Barat, Bong Ming Ming meminta inspektorat dan APDESI periksa administrasi pemerintah desa sumber foto: bangkabaratkab.go.id

BANGKA BARAT – Wakil Bupati Bangka Barat, Bong Ming Ming mengajak inspektorat untuk memeriksa serta membina administrasi keuangan pemerintah yang ada di desa. Hal itu dalam rangka pencegahan sekaligus memberantas praktik korupsi anggaran di tingkat desa

 

“Kita harapkan ke depan inspektorat tidak mengejar setelah selesai terjadi masalah saja. Tapi kita inginkan inspektorat mengawal sejak awal terkait dana desa supaya pemerintah desa tidak salah memanfaatkan anggarannya,” ungkap Wakil Bupati Bangka Barat, Bong Ming Ming, Minggu (9/4/2023).

 

Ia juga meminta Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Bangka Barat ikut terlibat dalam proses pengawasan anggaran oleh pemerintah desa. Selain itu, ia mengatakan, APDESI Kabupaten Bangka Barat dapat juga memberikan edukasi pelaksanaan administrasi desa.

 

“Yang harus dilakukan inspektorat dan APDESI itu membina dan datang ke desa guna memeriksa administrasi desa. Apakah ada kesalahan misal ada sesuatu yang terlihat membahayakan itu yang dikhususkan,” terang Bong Ming Ming.

 

Ia berharap, melalui upaya ini tidak ada lagi kepala desa yang tersandung kasus korupsi. Ia juga meminta inspektorat tidak tebang pilih saat melakukan pemeriksaan kepada kepala desa yang terindikasi terlibat korupsi.

 

“Jangan sampai ada lagi kades dan mantan kades yang terjerat hukum apalagi karena maladministrasi. kalau mempunyai niat korupsi tindak tegas, tapi kalau yang tidak ini berniat dan juga tidak paham administrasi ini yang kita jaga dan edukasi,” pungkas Bong Ming Ming.

 

Penulis: Erdhi

Editor: Ani

Exit mobile version