Site icon Kolom Desa

Bupati Trenggalek Tingkatkan Pelayanan di Desa Lewat Program Maning Deh

Bupati Trenggalek, M. Nur Arifin Sumber: Istimewa

Bupati Trenggalek, M. Nur Arifin Sumber: Istimewa

TRENGGALEK – Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin terus melakukan kegiatan yang mengarah kepada pendekatan pelayanan masyarakat. Pada bulan Ramadhan tahun 2023 ini, pihaknya meluncurkan program Makaryo Ning Desa, Desa Hebat (Maning Deh) untuk memenuhi kebutuhan layanan di desa.

 

Program tersebut lebih memudahkan warga untuk memenuhi pelayanan masing-masing tanpa perlu datang ke kantor layanan di wilayah Kota Trenggalek. Program tersebut diantaranya layanan kependudukan, pajak, perizinan, serta layanan pemerintah daerah (pemda) lainnya.

 

“Baru tahun ini Safari Ramadhan kami juga melakukan safari pelayanan (melalui program) Mening Deh yang biasanya (dijalankan) setiap Rabu. Dan saat ini (Maning Deh) kami bawa ke Safari Ramadhan,” ujar Mochamad Nur Arifin dalam keterangan tertulis Senin (7/4/).

 

Ia juga menginginkan agar sejumlah pelayanan desa bisa terus-menerus dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar sembari menanti waktu untuk berbuka puasa.

 

“Sambil ngabuburit masyarakat bisa mendapatkan pelayanan, dari pada jauh-jauh ya kan? Apalagi bulan puasa, jadi kami dekatkan pelayanannya ke masyarakat,” imbuhnya.

 

“(Hal ini juga) terlihat sejak program tersebut berjalan, selalu dipadati masyarakat desa yang hendak mengajukan layanan Pemkab Trenggalek,” Imbuhnya.

 

Selain itu, Bupati Trenggalek turut mengapresiasi terhadap para petugas yang telah tulus memberikan tenaga dan pikirannya untuk masyarakat meski jam kerja para ASN mengalami penyesuain selama Ramadhan. Namun mereka tetap memberikan pelayanan walau di luar jam  kerja.

 

“Di surat edaran (SE), jam kerja kita (Pemkab Trenggalek) mulai jam 08.00 WIB sampai jam 14.00 WIB. Ada yang jam 08.00 WIB sampai jam 15.00. Sore ini juga tetap ada pelayanan tapi dikemas dalam Safari Ramadhan,” ujar Mochamad Nur Arifin dalam sambutan penutupnya.

 

Penulis: Alfan

 

Editor: Soleha.tn

Exit mobile version