Site icon Kolom Desa

Masuk ADWI 2023, Pemkab Harapkan Wisatawan Desa Setanggor Meningkat

Pemandangan alam yang disuguhkan Desa Wisata Halal Setanggor Sumber: jadesta.kemenparekraf.go.id

Pemandangan alam yang disuguhkan Desa Wisata Halal Setanggor Sumber: jadesta.kemenparekraf.go.id

LOMBOK TENGAH – Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, mengharapkan ada peningkatan wisatawan yang berkunjung ke Desa Wisata Halal Setanggor setelah dinyatakan lolos 75 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023. Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Tengah Lendek Jayadi mengatakan, hal tersebut bisa jadi salah satu pintu masuk untuk meningkatkan kunjungan wisatawan dan pertumbuhan ekonomi daerah.

 

“Program tersebut bisa menjadikan desa wisata itu mandiri sehingga bisa memberikan dampak ekonomi kepada masyarakat setempat,” kata Jayadi.

 

Jayadi menambahkan, awalnya Kabupaten Lombok Tengah mendaftarkan 17 desa wisata. Dari belasan desa wisata tersebut, Desa Wisata Halal Setanggor menjadi satu-satunya desa yang masuk 75 besar ADWI.

 

Untuk meningkatkan jumlah wisatawan, pihaknya akan terus melakukan pembinaan kepada semua desa wisata di Lombok Tengah. Hal ini dikarenakan masuknya desa wisata ke dalam kategori ADWI 2023 merupakan peluang untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi melalui pengembangan desa wisata.

 

“Pembinaan terus kami lakukan, bagaimana supaya desa wisata itu bisa mandiri,” ungkapnya.

 

Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Tengah telah menjalin kerjasama dengan beberapa perguruan tinggi seperti Poltekpar Lombok dan Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram dalam pembinaan desa wisata. Kerja sama tersebut dilakukan sebagai persiapan awal untuk kurasi tentang eksisting Desa Wisata Halal Setanggor sehingga dapat teridentifikasi kondisi lapangan untuk pengembangan ekosistem terintegrasi.

 

“Kami telah melakukan kerja sama dengan perguruan tinggi untuk mendukung pengembangan desa wisata di Lombok Tengah,” tutupnya.

 

Penulis: Erdhi

Editor: Soleha.tn

Exit mobile version