Site icon Kolom Desa

Kementan Distribusikan Bantuan Benih untuk Petani Desa Sukakarya

Pembagian benih tanaman untuk petani Desa Sukakarya Sumber: bekasikab.go.id

Pembagian benih tanaman untuk petani Desa Sukakarya Sumber: bekasikab.go.id

BEKASI – Distribusi bantuan benih oleh Kementerian Pertanian (Kementan) RI untuk petani terdampak banjir di Desa Sukakarya sudah mulai terealisasi. Ketua Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Sukakarya Mulyana mengatakan per tanggal 24 Maret 2023 bantuan benih tersebut sudah diterima oleh petani di wilayahnya.

 

“Alhamdulillah telah sampai kepada kami bantuan benihnya. Jenis varietas Inpari 32 dan berkualitas. Kualitasnya bagus. Kami ucapkan terima kasih semoga benih bantuan ini bisa membawa berkah kepada kami sebagai petani,” kata Mulyana.

 

Merujuk data Dinas Pertanian setempat, sudah 3 titik petani terdampak banjir yang menerima bantuan dari Kementan. Bantuan tersebut sudah diterima oleh para kelompok tani (poktan). pembagian bantuan benih tersebut langsung diberikan kepada kelompok tani (Poktan) masing-masing desa dan dilakukan bertahap.

 

Direktur Perbenihan Tanaman Pangan Kementan, Yudi Sastro mengatakan Kementan menaruh perhatian khusus pada desa terdampak bencana dan siap untuk membantu meningkatkan kesejahteraan petani. Yudi meminta agar Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi segera menyerahkan dokumen pengajuan bantuan serta CPCL penerima bantuan agar realisasi bantuan segera rampung karena pengiriman benih juga disesuaikan dengan rencana waktu semai dan tanam dari masing-masing kelompok tani.

 

“Semua berkas usulan dari kelompok tani dan Dinas Pertanian yang masuk, langsung kami proses dan droping bantuan benih tersebut,” jelasnya.

 

Ia berharap petani juga bisa segera memberikan informasi terkait rencana waktu semai dan tanam. Tujuannya agar bantuan benih bisa segera dikirimkan sehingga distribusi bisa dirampungkan seluruhnya pada bulan puasa ini.

 

Kepala Bidang (Kabid) Tanaman Pangan Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi, Eem Embang Lesmanasari menambahkan bantuan benih Kementan tersebut merupakan bagian dari tindak lanjut dampak pengaruh iklim. Pihaknya Bersama Direktorat Pembenihan beserta koordinator penyuluh, POPT dan tim lapangan termasuk UPTD sudah memverifikasi data petani yang akan menerima bantuan benih tersebut.

 

“Kamis kemarin saat cuti kami koordinasi terkait penyaluran 10.490 kilogram benih,” tutup Eem.

 

 

 

Penulis: Erdhi

Editor: Soleha.tn

Exit mobile version