Site icon Kolom Desa

Pemkab Aceh Barat Tetapkan Desa Napai Jadi Kampung Siaga Bencana

ACEH BARAT – Pemerintah Kabupaten Aceh Barat tengah menetapkan Desa Napai sebagai Kampung Siaga Bencana (KSB). Adanya penetapan ini, supaya Desa Napai dapat menjadi percontohan bagi desa lainnya dalam melakukan penanggulangan dan penanganan bencana alam.

 

“Dengan adanya program ini, diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi potensi bencana yang terjadi di wilayahnya masing-masing, sehingga dengan adanya peran aktif dari masyarakat, upaya penanggulangan bencana bisa dilaksanakan secara maksimal,” ungkap Penjabat (Pj) Bupati Aceh Barat, Marhaban, pada Jumat (17/3/2023).

 

Ia mengatakan, KSB merupakan program Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI) dalam upaya mengurangi resiko kebencanaan berbasis masyarakat. Program kesiapsiagaan bencana yang melibatkan masyarakat ini penting dilakukan, mengingat daerah Aceh khususnya Kabupaten Aceh Barat merupakan kawasan yang rawan bencana. Utamnya benecana banjir yang kerap terjadi disaat musim penghujan.

 

“Pada daerah rawan bencana, perlu ada komponen masyarakat yang terlatih dan memahami tentang hal-hal teknis maupun manajemen penanggulangan bencana. Sesuai dengan kearifan lokal yang dapat dimanfaatkan untuk mendukung upaya penanggulangan bencana, sebagai langkah pengurangan risiko bencana,” paparnya.

 

Terpisah, Direktur PKSBA Kementerian Sosial RI diwakili Perencana Ahli Madya, Muh. Haykal Alhasni, mengapresiasi Pemerintah Aceh dan Kabupaten Aceh Barat yang telah memfasilitasi hingga pengukuhan dan sosialisasi KSB di desa Napai. Pihaknya akan menyerahkan bantuan lumbung sosial yang bertujuan untuk menyimpan logistik bantuan di Kampung Siaga Bencana.

 

“Program KSB ini merupakan wadah untuk menanggulangi bencana berbasis masyarakat, yang menghimpun beberapa desa yang rawan bencana. Khusus di Kabupaten Aceh Barat, KSB dipusatkan di Desa Napai Woyla Barat, karena daerah ini rentan terhadap ancaman bencana, terutama banjir,” bebernya.

 

Penulis: Danu
Editor: Ani

Exit mobile version