Site icon Kolom Desa

Implementasikan Program ASRI, Pemdes Pudahoa Instruksikan Tanam 3.500 Pohon

KONAWE SELATANPemerintah Desa Pudahoa mengajak masyarakatnya untuk menjalankan program aman sehat rindang indah (ASRI) dengan melakukan penanaman 3.500 pohon. Kegiataan itu bersamaan dengan Peringatan hari Desa Asri Nusantara Program dari Kementerian desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

 

“Pohon-pohon tersebut ditanam menyebar di setiap kelompok tani desa pohon yang ditanam berjarak 3 x 3 atau 3 x 4 m agar mereka dapat berkembang lebih baik jika diberi jarak. Bibit – bibit pohon tersebut dibagikan kepada warga secara merata dan serentak ditanam pada 14 Maret 2023 kemarin,” ucap Kepala Desa Pudahoa Kecamatan Mowila, Kabupaten Konawe Selatan, Amir Rahman, Rabu (15/3/2023).

 

Kepala desa Pudahoa Amir Rahman mengatakan, bibit- bibit yang dipilih itu dapat mampu menopang dan menyuburkan tanah. Selain itu, masyarakat dapat memanfaatkan hasil panen dari bibit- bibit pohon yang ditanam.

 

“Kegiatan penanaman pohon ini diharapkan menjadi agenda rutin Desa agar manfaat yang didapat tidak hanya saat itu saja namun dalam jangka waktu yang panjang,” jelasnya.

 

Ia menambahkan, program penanaman pohon juga bertujuan sebagai upaya warga desa untuk menjadikan Desa ini menjadi Desa Asri Nusantara. Sehingga nantinya dapat menjadi percontohan bagi desa lainnya.

 

Penulis: Mukhlis

Editor: Ani

Exit mobile version