Site icon Kolom Desa

Genjot Kosumsi Ikan Masyarakat Desa, Bupati Sukoharjo Tebar Benih Ikan di Desa Juron

SUKOHARJO – Bupati Sukoharjo, Etik Suryani, menebar benih ikan di desa Juron, Kecamatan Nguter. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya untuk mendongkrak perekonomian masyarakat serta meningkatkan angka kosumsi ikan di Kabupaten Sukoharjo.


“Angka konsumsi ikan di Kabupaten Sukoharjo masih rendah, untuk itu perlu adanya upaya-upaya peningkatan produksi ikan maupun animo masyarakat dalam megkonsumsi ikan,” kata Bupati Sukoharjo, Etik Suryani, Sabtu (11/3/2023).


Ia menambahkan, bahwa sektor perikanan mempunyai peranan yang sangat penting dalam membangun perekonomian nasional. Termasuk perekonomian daerah. Karena sektor perikanan berfungsi sebagai penyedia bahan pangan untuk konsumsi masyarakat, ikan hias, rekreasi, pemancingan, penyedia lapangan kerja, serta sumber pendapatan masyarakat.


“Penebaran benih ikan merupakan salah satu cara budidaya ikan, sehingga menjadi sumber alternatif penyediaan ikan. Penebaran benih ikan dalam rangka menjaga ekosistem dan ketersediaan pangan ikan bagi masyarakat sebagai upaya mencukupi kebutuhan protein dan peningkatan konsumsi ikan,” ujarnya.


Ia menjelaskan, selama ini berbagai kebijakan telah dilakukan dalam rangka untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi serta peningkatan kesejahteraan pelaku usaha perikanan di Kabupaten Sukoharjo. Antara lain pemberian bantuan sarana dan prasarana perikanan, fasilitasi akses permodalan, pelatihan, inovasi dan teknologi bagi pelaku usaha perikanan.


“Melalui kegiatan ini dapat pula mendorong peningkatan angka konsumsi ikan di Kabupaten Sukoharjo serta dapat mendorong masyarakat Kabupaten Sukoharjo untuk lebih gemar makan ikan,” Pungkasnya.


Penulis: Mukhlis

Editor: Ani

Exit mobile version