Enam Desa di Kabupaten Ende Bakal Jadi Desa Definitif

ENDE – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) memberikan rekomendasi untuk enam desa persiapan di Kabupaten Ende menjadi desa definitif. Hal itu disampaikan Sekretaris Daerah atau Sekda Ende Agustinus G Ngasu, kepada media di ruang kerjanya, Rabu, (8/3/2023).

“Ini menjadi kabar baik bagi masyarakat yang menanti dan berjuang dalam waktu yang panjang,” tegas Sekda Ende Agustinus G Ngasu.

 

 

Penetapan enam desa definitif tersebut menjadi kabar baik bagi masyarakat Kabupaten Ende. Menurut Agustinus dukungan dan motivasi datang dari berbagai pihak salah satunya dari Komisi I DPRD Ende.

 

 

“Untuk pertama kalinya dalam sejarah, Sekda Ende ikut secara langsung memberikan motivasi bagi tim saat presentasi. Begitu juga dengan Anggota Komisi I DPRD Ende, terus memberikan motivasi bagi tim,” ungkap Agustinus.

 

 

Agustinus menambahkan, dari sembilan desa persiapan yang diajukan enam diantaranya langsung mendapat rekomendasi menjadi desa definitif. Sementara tiga desa lainnya diwajibkan melengkapi berkas, sebelum akhir bulan Mei 2023.

 

 

“Pengajuan ke Kemendagri ada 11 desa dari tiga provinsi. Dari tiga provinsi tersebut, cuma Provinsi NTT yang mendapat rekomendasi definitif serta perbaikan berkas,” terang Agustinus.

 

 

Saat ini Pemkab Ende tengah menyusun raperda untuk diajukan ke DPRD Ende agar bisa ditetapkan menjadi perda. Langkah ini menjadi satu kewajiban untuk mendapatkan nomor register bagi desa definitif baru di Kabupaten Ende.

 

 

Perlu diketahui, kesembilan desa persiapan yang diajukan adalah Desa Persiapan Mautenda Selatan di Kecamatan Wewaria, Desa Persiapan Kota Baru Tengah di Kecamatan Kota Batu, Desa Persiapan Waga di Kecamatan Wolojita, Desa Persiapan Tomberabu III di Kecamatan Ende.

 

 

Kemudian Desa Persiapan Rendo Rua, Desa persiapan Maurongga, desa persiapan Tanarangga di Kecamatan Nangapanda dan desa persiapan Mbuli Waragheta di Kecamatan Wolowaru serta desa persiapan Woloara Barat di Kecamatan Kelimutu.

 

 

Penulis: Erdhi

Editor: Soleha.tn

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *