Site icon Kolom Desa

Wabup Bangka Barat Imbau Pemdes Lakukan Pembangunan Merata

kolomdesa.com

Wabup Bangka Barat, Bong Ming Ming. Sumber foto: Website resmi Pemkab Bangka Barat

BANGKA BARAT – Pemerintah desa menjadi tombak pembangunan nasional yang berperan penting dalam keberlanjutan infrastruktur fisik dan non fisik di level desa. Karenanya, Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berupaya menguatkan pemerintahan desa (Pemdes) untuk mendukung kesuksesan pembangunan secara merata.

 

“Desa memegang peranan penting dalam keberhasilan pembangunan daerah, karena desa memberikan sumbangsih besar dalam menciptakan stabilitas daerah,” kata Wakil Bupati Bangka Barat Bong Ming Ming di Mentok, dalam kegiatan bina pamong di Desa Ibul, Kecamatan Simpangteritip, Senin (27/2/2023).

 

Menurutnya, pemerintah desa merupakan perpanjangan tangan oleh pemerintah pusat dalam pembangunan daerah dan nasional. Sebab, pemerintah desa merupakan level pemerintahan yang bersentuhan langsung dengan warga desa secara keseluruhan.

 

Dalam hal ini, lanjutnya, Desa juga memiliki permasalahan penting. Utamanya di sektor pelayanan dasar yang hanya bisa diatasi dengan pembangunan di desa secara berkelanjutan dalam setiap hal.

 

Konsep berkelanjutan itu di antaranya, peningkatan pelayanan dasar, pembangunan dan pemeliharaan lingkungan, infrastruktur pengembangan ekonomi pertanian berskala produktif, pengembangan dan pemanfaatan teknologi dan peningkatan kesejahteraan kualitas masyarakat.

 

“Untuk menyokong pemerintah desa dalam mengatasi berbagai permasalahan yang ada di tingkat dasar, selama ini Pemkab Bangka Barat menaruh perhatian besar terhadap kemajuan dan perkembangan desa,” ujarnya.

 

Ia menyebutkan seluruh organisasi pemerintah daerah yang terkait dengan pemerintahan desa dan kebutuhan dasar warga diarahkan agar senantiasa memiliki program dan kegiatan memiliki dampak langsung kepada masyarakat luas.

 

“Selain itu, kita (bupati, wakil bupati dan para kepala OPD) juga menjalankan program bina pamong sebagai salah satu jembatan menjalin silaturahim sekaligus pertukaran informasi antara pemkab dengan pemerintah desa dan masyarakat,” katanya.

 

Dalam proses bina pamong ini, ujar dia, diharapkan semua pihak mampu memberikan kontribusi nyata dan dapat menyampaikan kritikan serta masukan yang bersifat konstruktif bagi kemajuan dan perkembangan daerah di masa datang.

 

Tujuannya agar dapat pembangunan dan kesejahteraan yang terealisasi secara merata, menyeluruh dan berkesinambungan.

 

“Dengan berbagai upaya yang telah dilakukan diharapkan kendala letak geografis, jarak tempuh dan jarak desa dengan pusat pemerintahan tidak lagi menjadi alasan utama tidak meratanya pembangunan dan dirasakan,” pungkasnya.

Penulis: Danu

Editor: Ani

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Exit mobile version