Desa Lolosoni Nias Selatan Alami Krisis Air Bersih

Ilustrasi Air Bersih. Sumber Foto: pixabay.com
Ilustrasi Air Bersih. Sumber Foto: pixabay.com

NIAS SELATANĀ – Desa Lolosoni, Kecamatan Gomo, Kabupaten Nias Selatan, Sumatra Utara jadi salah satu desa yang mengalami Krisis Air Bersih. Kepala Desa Lolosoni, Bualanasokhi lase mengatakan, Masyarakat desa untuk kebutuhan minum masih mengandalkan air tadah hujan serta menimba air dari desa tetangga.

 

 

ā€œDesa Kami untuk air bersih sangat tidak memadai, untuk kebutuhan minum masyarakat desa sangat mengandalkan air tadah hujan. Jika memasuki musim kemarau masyarakat menimba air dari desa tetangga yang ada sumber airnya,ā€ kata Kepala Desa Lolosoni, Kecamatan Gomo, Kabupaten Nias Selatan, Bualanasokhi lase, Rabu (22/2/2023).

 

 

Ia juga Ā mengungkapkan, Warga Desa Lolosoni memerlukan air bersih, selain memenuhi kosumsi sehari hari juga untuk kebutuhan mandi. untuk mandi,Ā cuci, kakus (MCK) warga desa masih mengandalkan air sungai setempat.

 

 

ā€œBiasanya masyarakat desa selain kebutuhan sehari hari, kalau untuk mandi kami warga desa masih memanfaatkan air sungai untuk mandi,ā€ ungkap Kepala Desa.

 

 

Ia mengatakan, Krisis air bersih di Desa Lolosoni diakibatkan karna didesa tidak ada pompa air maupun PDAM. Selain itu juga diakibatkan curah hujan area tersebut sangat rendah.

 

 

Pihaknya sudah melakukan kordinasi kepada pemerintah daerah maupun dinas terkait mengenai krisis air bersih tersebut. Namun hingga saat ini belum ada penangan yang dilakukan.

 

 

Penulis : Mukhlis

Editor : Ani

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *