Sering Alami Banjir, Desa Patiluban Hilir Membutuhkan Pembangunan Tanggul

Ilustrasi Tanggul Air. Sumber Foto. pixabay.com
Ilustrasi Tanggul Air. Sumber Foto. pixabay.com

MANDAILING NATAL – Desa Patiluban Hilir, Kecamatan Natal yang terletak di Kabupaten Mandaling Natal menjadi salah satu desa yang sering terdampak banjir.  Kedes Patiluban Hilir Daflan mengatakan, desanya nyaris setiap tahun mengalami banjir yang disebabkan dari luapan air sungai. Sehingga menurutnya perlu adanya pembangunan tanggul air.

 

 

“Permasalahan desa Patiluban Hilir saat ini sering mengalami banjir setiap tahunya karena luapan air sungai, oleh karnanya sangat membutuhkan pembangunan tanggul,” ungkap Kepala Desa Patiluban Hilir, Daflan, Senin, (20/2/2023).

 

 

Ia juga menjelaskan, selain dari luapan air sungai, banjir juga sering terjadi ketika cura hujan sedang tinggi. Hal tersebut dikarenakan aliran air dari perkebunan sawit langsung mengarah ke pumikiman warga desa.

 

 

“Ketika cura hujan sedang tinggi air dari perkebunan sawit mengarah ke pemukiman warga,” terangnya.

 

 

Ia berharap, pemerintah  segera memberikan penanganan terhadap banjir yang terjadi. Ia berharap, pemerintah daerah dapat membantu pembangunan tanggul air untuk mengontrol debit air yang terlalu tinggi.

 

 

“minimal di desa ada tanggulnya untuk mengontrol luapan air sungai,” tegasnya.

 

 

Sebagai informasi, banjir yang terjadi di desa Patiluban Hilir mengakibatkan jalan akses desa yang sebelumnya sudah di perbaiki mengalami kerusakan. Hal tersebut sangat menghambat mobilitas masyarakat desa.

 

 

Penulis : Mukhlis

Editor : Ani

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *