Site icon Kolom Desa

Bunda PAUD Kotawaringin Barat Gencarkan Sosialisasi untuk Tekan Stunting

Bunda PAUD Kabupaten Kotawaringin Barat saat pengukuhan Pokja Bunda Paud (Sumber: diskominfo.kotawaringinbaratkab.go.id)

Bunda PAUD Kabupaten Kotawaringin Barat saat pengukuhan Pokja Bunda Paud (Sumber: diskominfo.kotawaringinbaratkab.go.id)

KOTAWARINGIN – Bunda PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) Kabupaten Kotawaringin Barat Noor Hermiyanti Anang Dirjo gencarkan sosialisasi pencegahan stunting ke desa-desa. Hal tersebut ia lakukan untuk menekan angka stunting di Kabupaten Kotawaringin Barat.

 

“Seperti yang diarahkan Presiden Jokowi dalam rapat koordinasi nasional pada 17 Januari 2023 lalu, agar seluruh kepala daerah untuk berkomitmen dalam menurunkan angka stunting, untuk itu kami pun tidak bisa berdiam diri, kami ambil bagian melaksanakan tugas besar untuk menekan angka stunting,” kata Bunda Paud, Ny. Noor Hermiyanti Anang Dirjo, Rabu (15/2/2023).

 

 

Menurutnya, masalah stunting tidak bisa dianggap sebelah mata. Untuk itu  bersama Pokja bunda PAUD membuat tiga program untuk mendorong percepatan penanganan stunting di PAUD.

 

 

Tiga program tersebut diantaranya Unit Kesehatan Sekolah (UKS), satu desa satu PAUD, dan pengembangan anak usia dini holistik integratif (PAUD HI).

 

 

 

“Sasaran kami untuk menekan angka stunting yakni dengan mendatangi ke desa-desa khususnya kader PKK agar lebih aktif lagi menghidupkan posyandu, serta memperkuat ketahanan pangan dengan memanfaatkan pekarangan rumah,” ungkapnya.

 

 

Terakhir ia menyampaikan jika penanganan kasus stunting ini bukan hanya tanggung jawab pemerintah, melainkan perlu dukungan kuat dari elemen masyarakat untuk menciptakan generasi penerus yang sehat.

 

“Untuk itu saya mengajak kepada element masyarakat untuk berperan aktif dalam upaya menekan kasus stunting di lingkungannya masing-masing,” pungkasnya.

 

 

Penulis: Erdhi

Editor : Sol

Keterangan: Bunda PAUD Kabupaten Kotawaringin Barat saat pengukuhan Pokja Bunda Paud

Sumber foto: diskominfo.kotawaringinbaratkab.go.id

Exit mobile version