Site icon Kolom Desa

Desa Kampung Sawah Sumatera Utara Alami Krisis Air Bersih

Ilustrasi kekeringan yang menimpa lahan persawahan masyarakat Desa Kampung Sawah. Sumber Foto: Pixabay 

Ilustrasi kekeringan yang menimpa lahan persawahan masyarakat Desa Kampung Sawah. Sumber Foto: Pixabay 

MANDAILING NATAL – Desa Kampung Sawah, Kecamatan Natal, Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara, tengah alami krisis air bersih. Sehingga masyarakat setempat kesulitan dalam memenuhi kebutuhan sanitasi.


“Nagari kita ini saat kesulitan mendapatkan air bersih. Permasalahan masyarakat desa saat ini ya air untuk sehari hari,” ungkap Kepala Desa Kampung Sawah, Selasa (14/2/2023).


Ia menjelaskan, kondisi itu tak lain disebabkan lantaran tidak adanya sumber air di desa. Selain itu juga belum adanya PDAM yang masuk ke desa karena wilayah desa yang sangat terisolasi.


“Kami belum Memiliki PDAM belum juga memiliki Penampungan air dan sumber air di desa ini tidak ada,” imbuhnya.


Akibat kondisi ini, banyak lahan masyarakat yang tidak bisa teraliri air.  Dampaknya, seluruh masyarakat yang memiliki lahan persawahan dan ditanami padi mengalami gagal panen.


“Komoditas unggulan kita adalah pada dan sawit. Jadi, untuk tanaman sawit terancam gagal panen, karena tidak teraliri air,” imbuhnya lagi.


Arianto berharap, desanya mendapat perhatian dari pemerintah mengenai permasalahan yang dihadapi masyarakat desa. Utamanya mengenai pemenuhan air bersih.

 

Penulis : Mukhlis

Editor : Ani

Exit mobile version