Site icon Kolom Desa

Bupati Grobogan Minta Penggunaan Dana Desa Tepat Sasaran

GROBOGAN- Bupati Grobogan Sri Sumarni  memintakepada kepala desa agar cermat dalam memanfaatkan dana desa dan tepat sasaran. Ia juga menghimbau untuk mengaloksikan Dana Desa pada tiga prioritas sasaran. Yaitu pemulihan ekonomi, prioritas nasional sesuai kewenangan desa dan penanganan bencana.


“Pengembangan BUMDes, pemberdayaan UMKM, pengembangan desa wisata, penanganan stunting, AKI AKB, SDGs Desa, penanggulangan kemiskinan ekstrem, ketahanan pangan, dan mitigasi bencana, tolong benar-benar menjadi perhatian,” ucap Bupati Grobogan Sri Sumarni saat acara Sosialisasi Dana Desa dan Penyerahan Piagam Desa Mandiri, di Pendapa Kabupaten Grobogan, Rabu (1/2/2023).


Ia menyampaikan, dana Desa pada 2023 ini sudah ditetapkan jumlahnya namun pemerintah akan memberikan dana desa secara bertahap.  Yakni dihitung sebelum tahun anggaran berjalan, dan sebagian lagi dana desa dihitung pada tahun anggaran berjalan.


“Dana desa Kabupaten Grobogan yang dihitung sebelum tahun anggaran berjalan sudah ditetapkan jumlahnya yaitu Rp304 miliar lebih, dan pada tahun anggaran berjalan akan dialokasikan tambahan dana desa, yang akan disalurkan paling cepat minggu pertama bulan Agustus 2023,” tuturnya.


Meski demikian, tambahan dana desa yang akan disalurkan pada Agustus 2023 dilakukan berdasarkan beberapa kriteria tertentu. Antara lain penetapan dan penyampaian APBDes, kinerja penyaluran dana desa, persentase anggaran BLT dan lainnya.


laporan daftar transaksi harian dan rekapitulasi bulanan, realisasi APBDes setiap bulan, realisasi pelaksanaan APBDes, dan kriteria tertentu lainnya.


Oleh karena itu, pihaknya berharap sosialisasi tersebut dapat semakin meningkatkan pemahaman Kepala Desa terkait Dana Desa Tahun 202. Sehingga pelaksanaan dana desa 2023 dapat berjalan semakin baik.


Penulis: Mukhlis | Editor: Ani

Exit mobile version