Site icon Kolom Desa

Targetkan 26 BUMDes Bertransformasi Jadi Koperasi

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

SURABAYA – Sebanyak 26 Badan Usaha Milik Desa di Kabupaten Jember telah resmi didirikan. Bupati Jember Hendy Siswanto optimis Bumdes dapat menjadi penyangga ekonomi masyarakat hingga bertransformasi menjadi Koperasi.


“BUMDes Bersama akan menjadi motor penggerak perekonomian mengingat lingkupnya lebih luas dan tidak hanya sebagai simpan pinjam, namun juga bisa menjadi koperasi,” katanya dalam keterangan tertulis yang diterima di Jember, Selasa (31/1/2023).


Hendy menjelaskan, pendirian BUMDesa itu akan berdampak pada perekonomian, sehingga angka kemiskinan masyarakat Jember dapat ditekan. Selain juga menjadi stimuluss masyarakat local untuk terus berinovasi.


“Dengan jumlah anggotanya yang lebih dari 750 ribu di Kabupaten Jember tentunya sangat berpotensi untuk menggerakkan perekonomian khususnya bagi masyarakat sekitar,” tuturnya.


Ia menambahkan, BUMDes Bersama juga akan mengakselerasi program prioritas Pemerintah Kabupaten Jember hingga dapat disinergikan. Untuk mengoptimalisasi pasar produk, Pemkab Jember memberikan fasilitas beruupa platform elektronik (E-Katalog). 


Oleh karena itu, Hendy berharap agar semua elemen masyarakat mampu melejitkan kreatifitas pikirannya dalam mewujudkan iklim ekonomi positif Jember.


Penulis: Danu | Editor: Ani

Exit mobile version